Cara menganalisis jerusakan diesel

Analisis kerusakan diesel

Sistem Injeksi Bahan Bakar Tidak Berfungsi dengan Baik
Kemungkinan Penyebab Kerusakan / Gangguan Cara Mengatasi

  • Bahan bakar bocor dari pipa tekanan tinggi – Keraskan Mur Pengikat pipa tekanan tinggi / ganti dengan pipa tekanan yang baru
  • Nozzle rusak – Ganti dengan nozzle yang baru
  • Ada udara pada saluran bahan bakar – Keluarkan udara dari saluran bahan bakar dengan cara memompakan priming pump
  • Saat penginjeksian bahan bakar terlambat – Setel pada penginjeksian bahan bakar
  • Control rack tidak berfungsi – Perbaiki mekanisme control rack
  • Automatic timer tidak tepat – Setel automatic timer

Gangguan Pada Saluran Sistem Bahan Bakar
Kemungkinan Penyebab Kerusakan / Gangguan Cara Mengatasi

  1. Saringan pada pompa pemindah tersumbat – Bongkar pompa pemindah dan bersihkan saringannya
  2. Saringan bahan bakar tersumbat – Ganti elemen saringan bahan bakar
  3. Tangki bahan bakar kotor – Bersihkan tangki bahan bakar
  4. Kemampuan pompa pemindah yang sangat rendah – Perbaiki / ganti
  5. Injeksi bahan bakar tidak tepat – Setel saat penginjeksian dengan cara menggeserkan pompa injeksi
  6. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan ke silinder tidak sama – Kalibrasi pompa injeksi pada test bench
  7. Governor kurang baik – Setel pompa injeksi pada test bench
  8. Ada angin pada saluran bahan bakar – Bleeding
  9. Bahan bakar bocor pada pipa tekanan tinggi – Keraskan mur pengikat pipa tekanan tinggi / ganti pipa tekanan tinggi

Engine Knocking / Detonasi
Kemungkinan Penyebab Kerusakan / Gangguan Cara Mengatasi

  • Atomisasi nozzle kurang baik / tekanan penginjeksian tidak tepat – Overhaul nozzle, bersihkan komponen-komponen dan ganti jika rusak, kemudian stel tekanan nozzle sesuai spesifikasi
  • Bahan bakar tidak tepat (angka cetane rendah) – Ganti dengan bahan bakar yang sesuai
  • Saat injeksi bahan bakar terlalu cepat – Setel pemasangan pompa terhadap mesin
  • Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan ke dalam silinder tidak rata – Kalibrasi pompa injeksi pada test bench

Putaran Mesin Kasar, Khususnya Pada Putaran Idle
Kemungkinan Penyebab Kerusakan / Gangguan Cara Mengatasi

  1. Jam bahan bakar yang diinjeksikan ke dalam silinder tidak sama – Kalibrasi pompa injeksi pada test bench
  2. Control rack tidak berfungsi – Bongkar control rack dan setel mekanismenya
  3. Idling spring capsule setelannya kurang baik – Setel
  4. Diafragma governor tidak berfungsi – Periksa dan ganti jika rusak
  5. Atomisai Nozzle kurang baik / tidak tepat – Stel nozzle dan ganti jika rusak

Mesin Susah dihidupkan
Kemungkinan Penyebab Kerusakan / Gangguan Cara Mengatasi

  • Bahan bakar tidak sampai ke pompa injeksi / bocor – Periksa saluran bahan bakar dan perbaiki jika bocor
  • Saluran bahan bakar tersumbat oleh udara – Bleeding
  • Saringan bahan bakar dan saluran bahan bakar tersumbat – Bersihkan / ganti saringan bahan bakar dan saluran bahan bakar
  • Kemampuan pompa pemindah menurun / tidak sesuai spesifikasi – Perbaiki / ganti pompa pemindah
  • Pipa tekanan tinggi lepas, longgar / pecah – Kerusakan mur / ganti
  • Control rack tidak mencapai posisi tempat bahan bakar yang diinjeksikan – Perbaiki control rack dan perbaiki pula mekanismenya
  • Delivery valve rusak – Ganti
  • Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan terlalu sedikit, karena pompa pemindah rusak – Perbaiki / Ganti pompa pemindah
  • Tekanan penginjeksian bahan bakar terlalu rendah – Setel / kalibrasi nozzle sesuai spesifikasi
  • Saat penginjeksian bahan bakar terlalu rendah – Setel saat penginjeksian
  • Governor / full load capsule setelannya kurang baik – Setel pompa injeksi pada test bench

Mesin Asapnya Banyak, tetapi Mesin Tidak Mau Menyala
Kemungkinan Penyebab Kerusakan / Gangguan Cara Mengatasi

  1. Saat penginjeksian bahan bakar terlambat – Setel saat penginjeksian
  2. Timer lock nut longgar atau lepas – Kerusakan mur pengunci timer
  3. Atomisasi bahan bakar tidak baik – Perbaiki dan setel nozzle / ganti
  4. Kotoran (karbon) berkumpul pada nozzle needle – Bersihkan nozzle / ganti jika rusak
  5. Angka cetane terlalu rendah – Ganti jenis bahan bakar
  6. Bahan bakar tercampur air – Ganti bahan bakar

Selama Mesin di Starter Mengeluarkan banyak Asap
Kemungkinan Penyebab kerusakan Cara Mengatasi

  • Timer injektor timing terlalu cepat / lambat – Bongkar automatic timer dan setel
  • Pemasangan pompa injeksi terhadap saat penginjeksian tidak tepat – Periksa pemasangan pompa injeksi dan tempatkan saat penginjeksian (sesuai spesifikasi)
  • Atomisasi bahan bakar kurang baik – Perbaiki dan ganti nozzle
  • Nozzle rusak – Ganti Nozzle
  • Kotoran (karbon) berkumpul pada nozzle needle – Bersihkan dan ganti jika rusak
  • Sekrup control pinion clamp lepas / longgar – Setel posisi control pinion dan keraskan sekrupnya
  • Delivery value rusak – Ganti
  • Delivery value spring putus – Ganti pegas
  • Setelan full load capsule tidak baik – Setel full load capsule
  • Pneumatic governor link / stopper aus – Perbaiki / ganti mekanisme governor pneumatic

Selama Mesin Hidup Banyak Mengeluarkan Asap
Kemungkinan Penyebab kerusakan Cara Mengatasi

  1. Saat penginjeksian bahan bakar terlalu cepat – Tepatkan saat penginjeksian sesuai spesifikasi
  2. Bahan bakar bercampur air – Ganti bahan bakar
  3. Cincin torak dan dinding silinder bocor sehingga minyak pelumas naik ke ruang bahan bakar – Ganti cincin torak dan perbaiki dinding silindernya
  4. Oli silinder katup bocor, sehingga minyak pelumas masuk ke ruang bakar – Ganti
  5. Bahan bakar yang diinjeksikan terlalu banyak – Kalibrasi pompa injeksi pada test bench
  6. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan ke dalam silinder tidak sama – Kalibrasi pompa injeksi pada test bench
  7. Udara yang masuk kedalam silinder terlalu sedikit karena saringan udaranya tersumbat – Bersihkan saringan / ganti
  8. Oli mesin terpompa ke atas – Periksa permukaan oli dan sesuaikan jumlahnya.

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan baut dan mur

Cara mengunci mur